Sabtu, 24 Oktober 2015

Peringatan Maulid Nabi SAW

       Ketika  kita  membaca  kalimat diatas  maka  didalam  hati  kita sudah  tersirat  bahwa kalimat ini akan  langsung  membuat  alergi bagi  sebagian  kelompok  muslimin, saya akan meringkas penjelasannya secara ‘Aqlan wa syar’an, (logika dan syariah).

  Sifat manusia cenderung merayakan sesuatu yang membuat mereka gembira, apakah keberhasilan, kemenangan, kekayaan  atau  lainnya,  mereka merayakannya  dengan pesta, mabuk mabukan, berjoget bersama, wayang, lenong atau bentuk pelampiasan kegembiraan lainnya, demikian adat istiadat diseluruh dunia. 

Sampai disini saya jelaskan dulu bagaimana kegembiraan atas kelahiran Rasul SAW. 

Allah merayakan hari kelahiran para Nabi Nya 

1.Firman Allah : “(Isa berkata dari dalam perut ibunya) Salam sejahtera atasku, di hari kelahiranku, dan hari aku wafat, dan hari aku dibangkitkan” (QS Maryam 33)

2.Firman  Allah  :  “Salam  Sejahtera  dari  kami  (untuk  Yahya  as)  dihari  kelahirannya, dan hari wafatnya dan hari ia dibangkitkan” (QS Maryam 15)

3.Rasul saw lahir dengan keadaan sudah dikhitan (Almustadrak ala shahihain hadits no.4177)

4.Berkata  Utsman  bin  Abil  Ash  Asstaqafiy  dari  ibunya yang  menjadi  pembantunya Aminah ra bunda Nabi saw, ketika Bunda Nabi saw mulai saat saat melahirkan, ia (ibu  utsman)  melihat  bintang  bintang  mendekat  hingga  ia  takut  berjatuhan  diatas kepalanya,  lalu  ia  melihat  cahaya  terang  benderang  keluar  dari  Bunda  Nabi  saw hingga  membuat  terang benderangnya  kamar  dan  rumah  (Fathul  Bari  Almasyhur juz 6 hal 583)

5.Ketika Rasul saw lahir kemuka bumi beliau langsung bersujud (Sirah Ibn Hisyam)

6.Riwayat  shahih  oleh  Ibn  Hibban  dan  Hakim  bahwa  Ibunda  Nabi  saw  saat melahirkan Nabi saw melihat cahaya yang terang benderang hingga pandangannya menembus dan melihat Istana Istana Romawi (Fathul Bari Almasyhur juz 6 hal 583)

7.Malam kelahiran Rasul saw itu runtuh singgasana Kaisar Kisra, dan runtuh pula 14 buah jendela besar di Istana Kisra, dan Padamnya Api di Kekaisaran Persia yang 1000 tahun tak pernah padam. (Fathul Bari Almasyhurjuz 6 hal 583)

    Kenapa kejadian kejadian ini dimunculkan oleh Allahswt?, kejadian kejadian besar ini muncul menandakan  kelahiran  Nabi  saw,  dan  Allah  swt telah  merayakan  kelahiran Muhammad Rasulullah  saw  di  Alam  ini,  sebagaimana  Dia  swt  telah  pula  membuat salam sejahtera pada kelahiran Nabi nabi sebelumnya.

Rasulullah saw memuliakan hari kelahiran beliau saw

Ketika beliau saw ditanya mengenai puasa di hari senin, beliau saw menjawab : “Itu adalah  hari  kelahiranku,  dan hari  aku  dibangkitkan” (Shahih  Muslim  hadits  no.1162). dari hadits ini sebagian saudara2 kita mengatakan boleh merayakan maulid Nabi saw asal dengan puasa.

   Rasul saw jelas jelas memberi pemahaman bahwa hari  senin itu berbeda dihadapan beliau saw daripada hari lainnya, dan hari senin itu adalah hari kelahiran beliau saw. Karena beliau saw tak menjawab misalnya : “oh puasahari senin itu mulia dan boleh boleh saja..”, namun beliau bersabda : “itu adalah hari kelahiranku”, menunjukkan bagi beliau saw hari kelahiran beliau saw ada nilai tambah dari hari hari lainnya.

    Contoh mudah misalnya zeyd bertanya pada amir : “bagaimana kalau kita berangkat umroh  pada  1 Januari?”,  maka  amir  menjawab  :  “oh  itu  hari  kelahiran  saya”.  Nah.. bukankah  jelas  jelas bahwa  zeyd  memahami  bahwa  1  januari  adalah  hari  yang berbeda dari hari hari lainnya bagi amir?, dan amirmenyatakan dengan jelas bahwa 1 januari itu adalah hari kelahirannya, dan berarti amir ini termasuk orang yang perhatian pada hari kelahirannya, kalau amir tak acuh dengan hari kelahirannya maka pastilah ia tak perlu menyebut nyebut bahwa 1 januari adalah hari kelahirannya, dan Nabi saw tak memerintahkan puasa hari senin untuk merayakan kelahirannya, pertanyaan sahabat ini  berbeda  maksud  dengan  jawaban  beliau  saw  yang  lebih  luas  dari  sekedar pertanyaannya, sebagaimana  contoh  diatas,  Amir  tak  mmerintahkan  umroh  pada  1 januari  karena  itu  adalah hari  kelahirannya,  maka  mereka  yang  berpendapat  bahwa boleh  merayakan  maulid  hanya  dengan  puasa  saja  maka tentunya  dari  dangkalnya pemahaman terhadap ilmu bahasa.

Orang  itu  bertanya  tentang  puasa  senin,  maksudnya  boleh  atau  tidak?,  Rasul  saw menjawab : hari itu hari kelahiranku, menunjukkan hari kelahiran beliau saw ada nilai tambah  pada  pribadi beliau  saw,  sekaligus  diperbolehkannya  puasa  dihari  itu.  Maka jelaslah  sudah  bahwa  Nabi  saw termasuk  yang  perhatian  pada  hari  kelahiran  beliau saw, karena memang merupakan bermulanya sejarah bangkitnya islam.

Sahabat memuliakan hari kelahiran Nabi saw 

Berkata Abbas bin Abdulmuttalib ra : “Izinkan aku memujimu wahai Rasulullah..” maka Rasul  saw  menjawab:  “silahkan..,maka  Allah  akan  membuat  bibirmu  terjaga”,  maka Abbas ra memuji dengan syair yang panjang, diantaranya : “… dan engkau (wahai nabi saw)  saat  hari  kelahiranmu  maka  terbitlah  cahaya  dibumi  hingga  terang  benderang, dan langit bercahaya dengan cahayamu, dan kami kinidalam naungan cahaya itu dan dalam  tuntunan  kemuliaan  (Al  Qur’an)  kami  terus  mendalaminya”  (Mustadrak  ‘ala shahihain hadits no.5417)

Kasih sayang Allah atas kafir yang gembira atas kelahiran Nabi saw 

    Diriwayatkan bahwa Abbas bin Abdulmuttalib melihat Abu Lahab dalam mimpinya, dan Abbas bertanya  padanya  :  “bagaimana  keadaanmu?”,  abu  lahab  menjawab  :  “di neraka,  Cuma diringankan  siksaku  setiap  senin  karena  aku  membebaskan  budakku Tsuwaibah  karena gembiraku  atas  kelahiran  Rasul  saw”  (Shahih  Bukhari  hadits no.4813,  Sunan  Imam  Baihaqi Alkubra  hadits  no.13701,  syi’bul  iman  no.281,  fathul baari Almasyhur juz 11 hal 431). Walaupun kafir terjahat ini dibantai di alam barzakh, namun  tentunya  Allah  berhak  menambah siksanya  atau  menguranginya  menurut kehendak Allah swt, maka Allah menguranginya setiaphari senin karena telah gembira dengan kelahiran Rasul saw dengan membebaskan budaknya.

   Walaupun mimpi tak dapat dijadikan hujjah untuk memecahkan hukum syariah, namun mimpi dapat  dijadikan  hujjah  sebagai  manakib,  sejarah  dan  lainnya,  misalnya  mimpi orang  kafir  atas kebangkitan  Nabi  saw,  maka  tentunya  hal  itu  dijadikan  hujjah  atas kebangkitan  Nabi  saw maka  Imam  imam  diatas  yang  meriwayatkan  hal  itu  tentunya menjadi hujjah bagi kita bahwa hal itu benar adanya, karena diakui oleh imam imam dan mereka tak mengingkarinya. 
Rasulullah saw memperbolehkan Syair pujian di masjid

    Hassan bin Tsabit ra membaca syair di Masjid Nabawiy yang lalu ditegur oleh Umarra, lalu Hassan berkata : “aku sudah baca syair nasyidah disini dihadapan orang yang lebih mulia dari engkau wahai Umar (yaitu Nabi saw), lalu Hassan berpaling pada Abu Hurairah ra dan berkata : “bukankah kau dengar Rasul saw menjawab syairku dengan doa  :  wahai  Allah  bantulah  ia  dengan  ruhulqudus?, maka  Abu  Hurairah  ra  berkata  : “betul” (shahih Bukhari hadits no.3040, Shahih Muslim hadits no.2485)

     Ini  menunjukkan  bahwa  pembacaan  Syair  di  masjid  tidak  semuanya  haram, sebagaimana beberapa  hadits  shahih  yang  menjelaskan larangan  syair  di  masjid,namun jelaslah bahwa yang dilarang adalah syair syair yang membawa pada Ghaflah, pada keduniawian, namun syair syair yang memuji Allah dan Rasul Nya maka hal itu diperbolehkan  oleh  Rasul  saw  bahkan  dipuji  dan didoakan  oleh  beliau  saw sebagaimana  riwayat  diatas,  dan  masih  banyak  riwayat  lain sebagaimana  dijelaskan bahwa Rasul saw mendirikan mimbar khusus untuk hassan bin tsabit di masjid agar iaberdiri  untuk  melantunkan  syair  syairnya  (Mustadrak ala  shahihain  hadits no.6058,sunan Attirmidzi hadits no.2846) oleh Aisyah ra bahwa ketika ada beberapa sahabat yang mengecam Hassan bin Tsabit ra maka Aisyah ra berkata : “Jangan kalian caci hassan, sungguh ia itu selalu membanggakan Rasulullah saw”(Musnad Abu Ya’la Juz 8 hal 337).

Pendapat Para Imam dan Muhaddits atas perayaan Maulid 

1. Berkata Imam Al Hafidh Ibn Hajar Al Asqalaniy rahimahullah : 
Telah  jelas  dan  kuat  riwayat  yang  sampai  padaku  dari  shahihain  bahwa  Nabi  saw datang  ke Madinah  dan  bertemu  dengan  Yahudi  yang  berpuasa  hari  asyura  (10 Muharram),  maka  Rasul SAW bertanya  maka  mereka  berkata  :  “hari  ini  hari ditenggelamkannya  Fir’aun  dan  Allah menyelamatkan  Musa,  maka  kami  berpuasasebagai tanda syukur pada Allah swt, maka bersabda Rasul saw : “kita lebih berhak atas Musa as dari kalian”, maka diambillah darinya perbuatan bersyukur atas anugerah yang diberikan pada suatu hari tertentu setiap tahunnya, dan syukur kepada Allah bisa didapatkan  dengan  pelbagai  cara,  seperti  sujud  syukur,  puasa,  shadaqah, membaca Alqur’an,  maka  nikmat  apalagi  yang  melebihi  kebangkitan  Nabi  ini?,  telah  berfirman Allah SWT “SUNGGUH  ALLAH  TELAH  MEMBERIKAN  ANUGERAH  PADA  ORANG MUKMININ  KETIKA  DIBANGKITKANNYA  RASUL  DARI  MEREKA”  (QS  Al Imran 164)
2. Pendapat Imam Al Hafidh Jalaluddin Assuyuthi rahimahullah : 
Telah jelas padaku bahwa telah muncul riwayat Baihaqi bahwa Rasul saw ber akikah untuk  dirinya setelah  beliau  saw  menjadi  Nabi  (Ahaditsulmukhtarah  hadis  no.1832dengan  sanad  shahih  dan Sunan  Imam  Baihaqi  Alkubra  Juz  9  hal.300),  dan  telah diriwayatkan bahwa telah ber Akikah untuknya kakeknya Abdulmuttalib saat usia beliau saw 7 tahun, dan akikah tak mungkin diperbuat dua kali, maka jelaslah bahwa akikah beliau saw yang kedua atas dirinya adalah sebagai tanda syukur beliau saw kepada Allah  swt  yang  telah  membangkitkan  beliau  saw  sebagai  Rahmatan lil’aalamiin  dan membawa Syariah utk ummatnya, maka sebaiknya bagi kita juga untuk menunjukkan tasyakkuran  dengan  Maulid  beliau  saw  dengan  mengumpulkan  teman  teman  dan saudara  saudara,  menjamu  dengan  makanan  makanan  dan yang  serupa  itu  untuk mendekatkan diri kepada Allah dan kebahagiaan. bahkan Imam Assuyuthiy mengarang sebuah buku  khusus mengenai  perayaan maulid  dengan  nama  :  “Husnulmaqshad fii ‘amalilmaulid”.

3. Pendapat Imam Al hafidh Abu Syaamah rahimahullah(Guru imam Nawawi): 
Merupakan  Bid’ah  hasanah  yang  mulia  dizaman  kita  ini  adalah  perbuatan  yang diperbuat setiap tahunnya di hari kelahiran Rasul saw dengan banyak bersedekah, dan kegembiraan, menjamu para fuqara, seraya menjadikanhal itu memuliakan Rasul saw dan membangkitkan rasa cinta pada beliau saw, dan bersyukur kepada Allah dengan kelahiran Nabi saw.

4.  Pendapat  Imamul  Qurra’  Alhafidh  Syamsuddin  Aljazriy  rahimahullah  dalam kitabnya ‘Urif bitta’rif Maulidissyariif : 
Telah  diriwayatkan  Abu  Lahab  diperlihatkan  dalam  mimpi  dan  ditanya  apa keadaanmu?, ia menjawab : “di neraka, tapi aku mendapat keringanan setiap malam senin, itu semua sebab aku membebaskan budakku Tsuwaibah demi kegembiraanku atas  kelahiran  Nabi  (saw)  dan  karena Tsuwaibah  menyusuinya  (saw)”  (shahih Bukhari). maka apabila Abu Lahab Kafir yang Alqur’an turun mengatakannya di neraka mendapat keringanan sebab ia gembira dengan kelahiran Nabi saw, maka bagaimana dengan muslim ummat Muhammad saw yang gembira atas kelahiran Nabi saw?, maka demi usiaku, sungguh balasan dari Tuhan Yang Maha Pemurah sungguh sungguh ia akan dimasukkan ke sorga kenikmatan Nya dengan sebab anugerah Nya.

5.  Pendapat  Imam  Al  Hafidh  Syamsuddin  bin  Nashiruddin  Addimasyqiy  dalam kitabnya Mauridusshaadiy fii maulidil Haadiy : 
Serupa  dengan  ucapan  Imamul  Qurra’  Alhafidh  Syamsuddin  Aljuzri,  yaitu  menukil hadits Abu Lahab

6. Pendapat Imam Al Hafidh Assakhawiy dalam kitab Sirah Al Halabiyah
Berkata ”tidak dilaksanakan maulid oleh salaf hingga abad ke tiga, tapi dilaksanakan setelahnya,  dan tetap  melaksanakannya  umat  islam  di seluruh  pelosok  dunia  dan bersedekah  pada  malamnya dengan  berbagai  macam  sedekah dan  memperhatikan pembacaan maulid, dan berlimpah terhadap mereka keberkahan yang sangat besar”.

7. Imam Al hafidh Ibn Abidin rahimahullah 
Dalam  syarahnya  maulid  ibn  hajar  berkata  :  ”ketahuilah   salah  satu  bid’ah  hasanah adalah pelaksanaan maulid di bulan kelahiran nabi saw”

8. Imam Al Hafidh Ibnul Jauzi rahimahullah 
Dengan  karangan  maulidnya  yang  terkenal  ”al  aruus”  juga  beliau  berkata  tentang pembacaan  maulid,  ”Sesungguhnya  membawa  keselamatan tahun  itu,  dan  berita gembira dengan tercapai semua maksud dan keinginan  bagi siapa yang membacanya serta merayakannya”.

9. Imam Al Hafidh Al Qasthalaniy rahimahullah
Dalam  kitabnya  Al  Mawahibulladunniyyah  juz  1  hal  148  cetakan  al  maktab  al  islami berkata: ”Maka  Allah  akan  menurukan  rahmat  Nya  kpd  orang  yang  menjadikan  hari kelahiran Nabi saw sebagai hari besar”.

10. Imam Al hafidh Al Muhaddis Abulkhattab Umar binAli bin Muhammad yang terkenal dengan Ibn Dihyah alkalbi
Dengan karangan maulidnya yang bernama ”Attanwir fimaulid basyir an nadzir”

11. Imam Al Hafidh Al Muhaddits Syamsuddin Muhammadbin Abdullah Aljuzri
Dengan maulidnya ”urfu at ta’rif bi maulid assyarif”

12. Imam al Hafidh Ibn Katsir 
Yang karangan kitab maulidnya dikenal dengan nama :”maulid ibn katsir”

13. Imam Al Hafidh Al ’Iraqy
Dengan maulidnya ”maurid al hana fi maulid assana”

14. Imam Al Hafidh Nasruddin Addimasyqiy 
Telah mengarang beberapa maulid : Jaami’ al astar fi maulid nabi al mukhtar 3 jilid, Al lafad arra’iq fi maulid khair al khalaiq, Maurud asshadi fi maulid al hadi.

15. Imam assyakhawiy
Dengan maulidnya al fajr al ulwi fi maulid an nabawi

16. Al allamah al faqih Ali zainal Abidin As syamhudi 
Dengan maulidnya al mawarid al haniah fi maulid khairil bariyyah

17. Al Imam Hafidz Wajihuddin Abdurrahman bin Ali bin Muhammad As syaibaniy yang terkenal dengan ibn diba’ 
Dengan maulidnya addiba’i

18. Imam ibn hajar al haitsami
Dengan maulidnya itmam anni’mah alal alam bi maulidsyayidi waladu adam

19. Imam Ibrahim Baajuri 
Mengarang hasiah atas maulid ibn hajar dengan nama  tuhfa al basyar ala maulid ibn hajar

20. Al Allamah Ali Al Qari’ 
Dengan maulidnya maurud arrowi fi maulid nabawi

21. Al Allamah al Muhaddits Ja’far bin Hasan Al barzanji 
Dengan maulidnya yang terkenal maulid barzanji

23. Al Imam Al Muhaddis Muhammad bin Jakfar al Kattani 
Dengan maulid Al yaman wal is’ad bi maulid khair alibad

24. Al Allamah Syeikh Yusuf bin ismail An Nabhaniy 
Dengan maulid jawahir an nadmu al badi’ fi maulid as syafi’

25. Imam Ibrahim Assyaibaniy 
Dengan maulid al maulid mustofa adnaani

26. Imam Abdulghaniy Annanablisiy 
Dengan maulid Al Alam Al Ahmadi fi maulid muhammadi”

27. Syihabuddin Al Halwani 
Dengan maulid fath al latif fi syarah maulid assyarif

28. Imam Ahmad bin Muhammad Addimyati
Dengan maulid Al Kaukab al azhar alal ‘iqdu al jauhar fi maulid nadi al azhar

29. Asyeikh Ali Attanthowiy
Dengan maulid nur as shofa’ fi maulid al mustofa

30. As syeikh Muhammad Al maghribi
Dengan maulid at tajaliat al khifiah fi maulid khoir al bariah. Tiada satupun para Muhadditsin dan para Imam yang menentang dan melarang hal ini, mengenai beberapa pernyataan pada Imam dan Muhadditsin yang menentang maulid sebagaimana  disampaikan  oleh  kalangan  anti  maulid,  maka mereka  ternyata  hanya menggunting dan memotong ucapan para Imam itu, dengan kelicikan yang jelas jelas meniru kelicikan para misionaris dalam menghancurkan Islam.

Sumber : Kenalilah Aqidahmu Oleh Habib Munzir Al Musawa
www.majelisrasulullah.org

0 komentar:

Posting Komentar