Rabu, 28 Oktober 2015

Maulid Nabi Bag. 1: Ghazirah dan Anjuran Bergembira

   Dalam  diri  setiap  manusia  terdapat  naluri (Gharizah)  yang  memang  melekat (dimiliki) pada diri setiap makhluk hidup termasuk manusia. Manusia memiliki tiga macam gharizah (naluri) yaitu gharizah tadayyun, gharizah baqa’ dan gharizah an‐nauw’.  Gharizah  (naluri)  tidak  bisa  dhilangkan namun  hanya bisa disalurkan dengan benar sesuai ketentuan‐ketentuan syara’.

     Perasaan  cinta  dan  kasih  sayang  terhadap  orang  lain  merupakan  bagian  dari gharizah  (naluri)  annau’ manusia  yang  tidak  bisa  dihilangkan  namun  perasaan cinta  tersebut  harus  disalurkan  dengan  benar. Demikian  juga  dengan  gharizah tadayyun  (taqdis).  Penyaluran  gharizah  tadayyun  pun  memang  harus benar. Semuanya harus berdasarkan pada pertimbangan syara’, tidak boleh ‘ngasal’.

     Mengagungkan  sesuatu  yang  lebih  hebat  atau  yang  dianggap  memiliki  kelebihan adalah bagian dari naluri tadayyun ini. Amal ibadah yang kita lakukan merupakan implementasi dari bekerjanya gharizah tadayyun dengan baik, serta sifat manusia yang  merasa  bahagia  terhadap  orang  yang  dicintainya  maupun kehadiran  orang yang dicintainya merupakan bagian dari gharizatun nau’ yang juga bekerja dengan baik. 

      Rasa  gembira  kita  sebagai  manusia  (umat  Islam)  dengan  kehadiran  Baginda  Nabi Muhammad Shallahu  ‘alayhi  wa  sallam  sebagai  pelita  didunia  ini, khatamannabiyyin  wa  sayyid  al‐mursalin,  tidak lain  adalah  dorongan  dari  adanya gharizatun  nau’.  Hal  ini  wajar  sebagai  manusia  yang  normal, selama bisa disalurkan  dengan  baik  selaras  dengan  ketentuan  syara’.  Banyak  cara  untuk mensyukuri dan menyalurkan  rasa  cinta  kita  kepada  Sang  Baginda  atas kelahirannya  ke  alam  semesta  ini  dan banyak cara  untuk  mengungkapkan  rasa kegembiran terhadap kehadiran Manusia pilihan ini. 

     Didalam  al‐Qur’an,  Allah  SWT  memang  telah  menjadikan  hari  dimana  para  Nabi dilahirkan kedunia sebagai hari yang berbeda dengan hari yang lain. Bahkan Allah hendak  menggembirakan  umat manusia dengan  lahirnya  seorang  Nabi.  Serta kejadian‐kejadian  luar  biasa  Allah  munculkan  sebagai  tanda  kelahiran  (Maulid) Nabi Muhammad shallahu’alaihi wa sallam.

“{Kesejahteraan}  dari  Kami  {atas  dirinya  pada  hari  ia  dilahirkan  dan  pada hari  ia  meninggal  dan pada  hari  ia  dibangkitkan  hidup  kembali’}  (QS. Maryam 19 : 15, Jalalain)

“{Dan  kesejahteraan}  dari  Allah  {semoga  dilimpahkan  kepadaku,  pada  hari aku  dilahirkan,  pada  hari aku  meninggal  dan  pada  hari  aku  dibangkitkan hidup kembali}” (QS. Maryam 19 : 33, Jalalain)
“Dan  Kami  beri  dia  kabar  gembira  dengan  (kelahiran)  Ishaq  seorang  nabi yang termasuk orang‐orang yang saleh” (QS. Ash‐Shaaffat 37 : 112)
Berbagai kejadian ajaib, dijelaskan didalam kitab “Anwarul Muhammadiyah” (Dar Kutub Ilmiyah, Lebanon) hal 19 ;

“Dan sebagian dari keajaiban‐ajaiban kelahiran Nabi (ملسو هيلع ﷲ ىلص), yaitu apa  yang  diriwayatkan tentang  keruntuhan  singgasana  kaisar  Kisra, hancurnya  14  Syurfah  (jendela  besar)  dari  syurfah‐syurfah yang  ada  di Kisra,  …,  dan  padamnya  api  Farisi  (Persia),  padahal  api  tersebut  1000 tahun tidak pernah padam sebagaimana yang diriwayatkan orang banyak, …,  dan  lahirnya  Nabi  (ملسو هيلع ﷲ ىلص) dalam  keadaan  dikhitan  dan  ceria sebagaimana yang diriwayatkan dari Ibnu Umar dan yang lainnya, dan dari Anas  ra  ,  sesungguhnya  Nabi  (ملسو  هيلع  ﷲ  ىلص)  bersabda,  “sebagian  dari karomahku atas (kehendak) Rabbku bahwa sesungguhnya aku dilahirkan dalam keadaan khitan...”

“dan  dari  Ibnu  Abbas  rahiyallahu  ‘anhumaa,  Nabi  (ملسو  هيلع  ﷲ  ىلص) dilahirkan  pada  hari  senin, diangkat  jadi  Nabi  pada  hari  senin,  keluar berhijrah  dari  Mekkah  menuju  Madinah  pada  hari  senin, dan  masuk Madinah  pada  hari  senin,  dianggkatnya  al‐hajar  pada  hari  senin,  dan demikian  juga  fathu (pembebasan  kota)  Mekkah  dan  turunnya  surat  Al‐Maidah pada hari senin
     Maka  wajar  saja  jika  umat  Islam  yang  mengaku  sebagai  umat  Nabi  Muhammad bergembira akan dilahirkannya Beliau ke semesta alam ini dan bersyukur atasnya. Kemudian  merayakannya  setiap  waktu, setiap  kesempatan  yang  didalamnya  ada perasaan  gembira,  kesenangan  dan  semangat  dalam mencintai maupun kebersamaan  yang  tidak  hanya  dihari  kelahiran  beliau  yaitu  hari  Senin  (Rabi’ul Awwal). Namun,  tentunya  lebih‐lebih  dihari  kelahiran  Beliau,  maka  perasaan kegembiraan,  kesenangan  dan semangat  tersebut  akan  semakin  menyala‐nyala dalam  mengingat  dan  mentauladani  serta  mempelajari kisah  perjalanan  hidup Beliau  untuk diimplementasikan  dalam  kehidupan.  Sebab  Beliau  adalah  karunia terindah dan teragung yang telah Allah berikan kepada umat manusia.
    “Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang‐orang yang beriman ketika  Allah  mengutus diantara mereka  seorang  rasul  dari  golongan mereka  sendiri,  yang  membacakan  kepada  mereka  ayat‐ayat Allah,membersihkan  (jiwa)  mereka,  dan  mengajarkan  kepada  mereka  Al  Kitab dan Al Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu,  mereka adalah benar‐benar dalam kesesatan yang nyata” (QS. Ali Imran 3 : 164)

     Kegembiran  karena  kehadiran  beliau  (ملسو  هيلع  ﷲ  ىلص)  merupakan  sesuatu  yang oleh al‐Qur’an, sebagaimana firman Allah :

    “Katakanlah:  "Dengan  kurnia  Allah  dan  rahmat‐Nya,  hendaklah  dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat‐Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan" (QS. Yunus 10 : 58)

    Allah telah memerintahkan kita untuk bergembira dengan rahmat‐Nya, karena itu lebih  baik  dari  apa saja yang  kita  kumpulkan  (miliki),  sedangkan  kita  tahu  bahwa Nabi (ملسو هيلع ﷲ ىلص) adalah rahmat bagi semesta alam ini.

    “Dan  tiadalah  Kami  mengutus  kamu,  melainkan  untuk  (menjadi)  rahmat bagi semesta alam” (QS. Al‐Anbiyaa’ 21 : 107)

    Hal  ini  diperkuat  dengan  pernyataan  dari  Al‐Imam  Ibnu  Abbas  ra  tentang  surat  Yunus ayat 58, ia berkata : 
“Al‐fadhl  (karunia)  adalah  ilmu  dan  ar‐Rahmah  adalah  Muhammad shallallahu  ‘alayhi  wa  sallam”   [Tafsir  al‐Bahr  al‐Muhith  (طيحملا  رحبلا  ريسفت), lihat juga (شيفطا ريسفت)] Peringatan  Maulid  Nabi  juga yang  didalamnya  terdapat  pembacaan  ayat  suci  Al‐Qur’an,  Shalawat  Nabi,  dibacakan  kisah‐kisah kenabian  (mukjizat,  sirah  dan pribadi  Nabi)  yang  bisa  diambil  pelajaran  untuk  diteladani.  Hidangan yang diberikan  kepada  hadirin  juga  merupakan  shadaqah  yang  sangat  dianjurkan. Didalam  peringatan tersebut,  juga  dibacakan  syair‐syair  dan  qashidah  pujian kepada  Baginda  Rasulullah  (ملسو  هيلع  ﷲ  ىلص).  Diisi  dengan  tausiyah‐tausiyah (nasehat),  dimana  majelis  Maulid  tersebut  juga  bisa  dijadikan sebagai  sarana memberikan  solusi  terhadap  permasalahan  umat  Islam.  Semua  itu  memiliki landasan dalam syari’at Islam.

    “Sesungguhnya  Allah  dan  malaikat‐malaikat‐Nya  bershalawat  untuk  Nabi  . Hai  orang‐orang  yang beriman,  bershalawatlah  kamu  untuk  Nabi  dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya” (QS. Al‐Ahzab 33 : 66)

    “Dan semua kisah dari rasul‐rasul Kami  ceritakan  kepadamu, ialah kisah‐kisah  yang dengannya  Kami  teguhkan  hatimu  ;  dan  dalam  surat  ini  telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang‐orang yang beriman” (QS. Huud 11 : 120)
    “maka  aku  mendengar  Abbas  bin  Abdul  Muttalib  berkata,  “ya  Rasulullah, sesungguhnya  aku  ingin menyanjungmu”,  maka  Rasulullah  berkata  ;“Katakanlah …”. Maka sayyidina Abbas membaca (diantara isi syairnya) : .. قفلأا كرونب تءاضو ضر لأا تقرشأ تدلو امل تنأو

    “Dan engkau (wahai Rasulullah) pada saat hari engkau dilahirkan, terbitlah cahaya  bumi  hingga  bersinar terang  hingga  ufuk  pun  bercahaya  dengan cahayamu.” 
قرتخن داشرلا لبسو رونلا يفو ءايضلا كلذ يف نحنف

    “Maka  kami  (saat  ini)  didalam  naungan  sinar  dan  berada  dalam  cahaya serta  jalan  yang  mulya  yang kami  terus  mendalaminya”(Al‐Mustadrak  ala asy‐Shahihaiyn (نيحيحصلا ىلع كردتسملا) No. 5417, Al‐Imam Hakim ( دبع نب دمحم يروباسينلا  مكاحلا  ﷲ  دبع  وبأ  ﷲ),  Dar  al‐Kitab  al‐Ilmiyah,  Beirut  (  ‐  ةيملعلا  بتكلا  راد توريب))

نب نايفس انثدح ورمع لاق نايفس نع مھلك رمع يبأ نباو ميھاربإ نب قاحسإو دقانلا ورمع انثدح
دجسملا يف رعشلا دشني وھو ناسحب رم رمع نأ ةريرھ يبأ نع ديعس نع يرھزلا نع ةنييع
تعمسأ ﷲ كدشنأ لاقف ةريرھ يبأ ىلإ تفتلا مث كنم ريخ وھ نم هيفو دشنأ تنك دق لاقف هيلإ ظحلف
معن مھللا لاق ؟ سدقلا حورب هديأ مھللا ينع بجأ لوقي ملس و هيلع ﷲ ىلص ﷲ لوسر

     “Sesungguhnya  Umar  menegur  Hasan  yang  sedang  menyanyikan (melantunkan) syair didalam Masjid, maka (Hasan) berkata : “Sungguh aku telah  melantunkan  (sya’ir)  ini  dihadapan  orang  yang  lebih baik dari engkau  (yaitu  Rasulullah).  Kemudian  Hasan  berpaling  kepada  Abu Hurairah,  maka berkata bukankah  saat  melantunkan  (syair)  Rasulullah mendengarkanku  seraya  berkata  menjawabnya dariku, “ya  Allah  bantulah ia  dengan  (kekuasaan)  ruhul  Qudus  ?  berkata  (Abu  Hurairah)  ;  ya  Allah… benar”.” [Shahih Muslim No. 2485, توريب - يبرعلا ثارتلا ءايحإ راد]

    Semua  yang  dilakukan  dalam  peringatan  Maulid  Nabi  pada  dasarnya  merupakan anjuran yang menghantarkan kita untuk semakin mencintai Rasulullah. Dan segala sesuatu  yang  dapat  menghantar kepada  sesuatu  yang  dianjurkan  oleh  syari’at maka  hukumnya  sama  dengan  yang  dianjurkan.  Sesuai dengan  kaidah  berikut  ini serta  kebaikan  apapun  tidak  ada  yang  disia‐siakan  disisi  Allah  Subhanahu wa ta’alaa.  Didalam  peringatan  Maulid  Nabi  tidak  ada  pembicaraan  kotor,  yang  ada hanya pembicaraan (ucapan) yang semua mengandung hikmah.

دصاقملا ماكحأ ىطعت لئاسولا

 “Semua  sarana  suatu  perbuatan  hukumnya  sama  dengan  tujuannya  ( perbuatan tersebut )”

نيِنسحملا رجَأ عيضُي َلا َﷲ نِإ

“Sesungguhnya  Allah  tidak  menyia‐nyiakan  pahala  orang‐orang  yang berbuat baik” (QS. At‐Taubah : 120)

ُهعَفرَي حِلاصلا لمعلاو بﱢيﱠطلا مِلكلا دعصَي هيَلِإ ًاعيمج ُةزعلا هﱠلِلَف َةزعلا ديرُي ناك نم

  “Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah‐lah kemuliaan itu semuanya. Kepada‐Nyalah  naik  perkataan‐perkataan  yang baik dan amal yang saleh dinaikkan‐Nya”(QS. Al Fathir : 10)

     Dan  sangat  tidak  pantas  bagi  orang  yang  berakal  yang  mengaku  sebagai  umat Baginda  Rasulullah Muhammad    kemudian  bertanya  kepada  orang  yang merayakan  Maulid  Nabi,  dengan  berkata, “kenapa  kalian  merayakan  Maulid  Nabi ?”.  Pertanyaan  ini  sama  saja  dengan  menanyakan, “Kenapa kalian  bergembira dengan  kelahiran  Nabi  Muhammad  Shallahu  ‘alayhi  wa  sallam  ?”. Seolah‐olah  ia juga bertanya, “Kenapa kalian merasa gembira dan bahagia karena orang yang di Isra’kan  dan  di Mi’raj‐kan  ini  ?”.  Apakah  pantas  pertanyaan  seperti  itu  muncul dari  seorang  Muslim  yang berakal,  yang telah  bersaksi  bahwa  tiada  ilah  selain Allah dan telah bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah Rasulullah ?”

     Pertanyaan  seperti  diatas  adalah  pertanyaan  basi  yang  memang  tidak memerlukan  jawaban.  Cukuplah bagi  orang  yang  ditanya  menjawabnya  dengan,“kami  merayakannya  sebab  kami  senang dan  gembira dengan  kelahiran  sang Baginda  Nabi  Muhammad  dan  kami  cinta  kepada  Beliau,  kecintaan  kami kepada Beliau sebab kami adalah Mukmin”.  

Sumber : Maulid Ar Rosul Sebuah Ungkapan Cinta disusun Oleh Abdurrohim Ats-Tsaury

0 komentar:

Posting Komentar